Anggota KPU Pusat Terjaring OTT KPK

Uncategorized36 Dilihat

Jakarta, (MIK-19) Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap Komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan dalam operasi tangkap tangan, Rabu (8/1/2020). “Iya tadi siang KPK ada giat OTT kepada yang diduga seorang komisioner KPU berinisial WS( Wahyu Setiawan/red),” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Rabu petang.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Ketua KPK Firli Bahuri.  Menurut Firli, KPK menangkap pemberi dan penerima suap dalam OTT tersebut. “Pemberi dan penerima suap kita tangkap. Komisioner KPU atas nama WS,” ujar Firli.

Adapun informasi lebih lanjut terkait operasi tangkap tangan ini akan disampaikan lewat konferensi pers pada Kamis (9/1/2020) besok.

KPU menyatakan bahwa pihaknya menunggu konfirmasi dari KPK. “Kami masih menunggu konfirmasi dari KPK,” ucap Komisioner KPU Ilham Saputra.

Komisioner KPU periode 2017-2022 terdiri dari tujuh orang yakni Ketua KPU Arif Budiman dan enam anggota masing-masing Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, Ilham Saputra, Hasyim Asy’ari, Viryan, Evi Novida Ginting Manik.

telah menghubungi semua komisoner KPU namun hanya enam komisioner yang menjawab. Mereka adalah Ketua KPU Arif Budiman, anggota KPU Pramono, Hasyim Asy’ari, Viryan, Ilham, dan Evi Novida. Mereka menyatakan tidak mengetahui soal OTT ini. “Saya belum tahu mas, saya cek dulu ya,” kata Arief. “Saya di kantor dari pagi. Saya belum dapat infornya,” kata Pramono.

Penangkapan Komisioner KPU jadi operasi tangkap tangan kedua yang dilakukan KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri.

Sehari sebelumnya, Selasa (7/1), KPK juga menggelar OTT dan berhasil menangkap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan dua orang lain di Sidoarjo. Ketiganya langsung digelandang ke Mapolda Jawa Timur untuk menjalani pemeriksaan. Setelah itu KPK menerbangkan tiga orang itu ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut. (budi)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *