Dua Mantan Pejabat Kota Bandung Ditahan KPK

DKI Jakarta3 Dilihat

Jakarta, (MIK-19)  – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan dua mantan pejabat Kota Bandung yang sudah menyandang status sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan tanah dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lingkungan Pemkot Bandung, Jawa Barat, tahun anggaran 2012-2013.

Keduanya adalah mantan Kadis Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Bandung, Herry Nurhayat (NH) dan bekas Anggota DPRD Kota Bandung, Tomtom Dabbul Qomar (TDQ).

“Hari ini dilakukan penahanan untuk 20 hari pertama. Per tanggal 27 Januari sampai 15 Februari 2020 untuk dua tersangka tersebut,” kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Kedua tersangka tersebut ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) yang berbeda.

KPK menahan Herry Nurhayat di Rutan belakang Gedung Merah Putih KPK. Sedangkan Tomtom Dabul Qomar ditahan di Rutan Gedung KPK lama, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan.

Tomtom dan Herry ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini bersama satu orang lainnya. Satu tersangka lainnya tersebut yakni, mantan Anggota DPRD Kota Bandung, Kemal Rasad (KS). Dalam pengembangan perkara ini, KPK kembali menetapkan tersangka lainnya yakni, pihak swasta, Dadang Suganda (DSG).

Dadang diduga makelar tanah yang mendapatkan keuntungan sekira Rp30 miliar dalam proses jual-beli tanah untuk proyek RTH Bandung. (mas)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *