Empat Kali Ditunda Putusan Terdakwa Ellen Oliva Tinggogoy Majelis Hakim Vonis 1 tahun Di PN Jaktim

Jakarta, Mediainfokorupsi – PN Jaktim menggelar sidang terbuka terdakwa Ellen Oliva Tingggogoy, di ketuai Majelis hakim Siti Rochmah.SH.,Dr.,anggota DR. Syafruddin Ainor R. SH. MH dan Nelson J. Marbun.SH.MH JPU Efa Parlina. SH yang di wakilkan jaksa dari kejari jaktim Prayudi Parulian. SH.

Terdakwa tidak ditahan oleh majelis hakim karena terdakwa sudah hampir habis tahanan nya saat itu terdakwa ditahan di rutan pondok bambu sempat menghebohkan para nara pidana di rutan pondok bambu karena terdakwa Ellen Oliva Tinggogoy bisa menjadi tahanan luar padahal terdakwa dikenakan Pasal 114 ayat (2) dan pasal 112 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Majelis hakim membacakan nota putusan setelah ke empat  kali di tunda dan pada hari selasa 21/1/2020 di
Ruang sidang Mr. R. Wirjono Prodjodikoro semula jaksa penuntut umum mengenakan primair pasal 114 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Subsidiair pasal 112 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan tuntutan 17 tahun penjara dengan barang bukti (BB) terdakwa Ellen Oliva Tinggogoy seberat netto. 490 gram ketua Majelis hakim Siti Rochmah.SH.,terdakwa Ellen Oliva Tinggogoy pada saat di persidangan tidak ada dihadirkan saksi Dokter Assemen  dari BNN dalam surat dakwaan terdakwa sudah memakai narkotika jenis sabu selama 3 tahun tapi alasan majelis hakim Siti Rochmah.SH terdakwa sebagai korban dari pemakai narkotika.

Hakim mengatakan dalam persidangan kalau dakwaan I primair pasal 114 ayat (2) dan Subsidiair pasal 112 ayat (2) tidak terbukti sehingga majelis hakim memvonis terdakwa Ellen Oliva Tinggogoy dengan dakwaan pasal 127 dengan vonis 1 tahun penjara dan terdakwa direhabilitas BNN yayasan lido Bogor.

Atas putusan Hakim , Jaksa Penuntut umum dengan tegas menyatakan akan melakukan upaya  banding terhadap putusan hakim.

Jaksa banding karena fakta-fakta dipersidangan tidak ada saksi ahli narkotika atau dokter Assesmen dari pihak manapun,ada apa dengan perkara narkotika terdakwa Ellen Oliva Tinggogoy bisa menjadi tahanan luar ini perkara narkotika baru terjadi di PN Jaktim.

Ini kata pakar hukum pidana DR. Mompang Panggabean SH. MH. Dosen universitas Kristen Indonesia. Yang dihubungin awak media melalui hanphone via Whatsapp oleh mediainfokorupsi,menyatakan sebagaimana diatur dalam KUHAP.bahwa hakim dapat melakukan penangguhan penahanan dan memperpanjang masa penahanan terdakwa sebagaimana diatur

Pasal 29 ayat 6, berbunyi :

Setelah waktu enam puluh hari, walaupun perkara tersebut belum selesai diperiksa atau belum diputus, tersangka atau terdakwa harus sudah dikeluarkan dari tahanan demi hukum.Untuk menghindari keterlambatan dikeluarkan¬nya penetapan diperpanjang penahanan (Pasal 29 KUHAP) oleh Ketua Pengadilan Negeri harus mengirimkan surat persetujuan perpanjangan penahanan selambat-lambatnya 1O (sepuluh) hari sebelum masa penahanan berakhir.

Atas dasar kesimpulan hakim memutus terdakwa Ellen Oliva Tinggogoy dengan perkara narkotika membuat pertanyaan bagi semua media ada apa perkara tersebut.

(Ali)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *