KPK Tahan Bupati Solok Selatan Karena Suap Infrastruktur Tahun Anggaran 2018

JAKARTA,Mediainfokorupsi – KPK resmi tahan  Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria yang terjerat kasus pembangunan infrastruktur jembatan dan masjid kini tak jelas, sejak Kamis 30 Januari 2020 lalu.

Sampai-sampai, Wagub Sumatera Barat Nasrul Abit akan segera menyurati Mendagri Tito Karnavian untuk meminta kejelasan status dan proses hukum yang tengah dijalani Zakaria.

“Nanti Provinsi akan mempelajari setelah itu akan berkirim surat kepada Mendagri,” kata Nasrul Abit di Padang, Jumat 31 Januari 2020 lalu.

Untuk menggantikan posisi Zakaria, kabarnya Mendagri akan mengangkat Wakil Bupati Abdul Rahman sebagai Plt Bupati Solok Selatan sampai periode pemerintahan mereka selesai.

Sebelumnya, KPK secara resmi telah menahan Muzni (MZ) tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan infrakstruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan penyidik KPK telah telah mendalami perkara dugaan menerima hadiah atau janji dari tersangka Muhammad Yamin Kahar (MYK) pemilik perusahaan Dempo Bangun Bersama (DBD).

Mereka terlibat pengadaan barang dan jasa di Dinas PU Kabupaten Solok Selatan Tahun Anggaran 2018, yaitu terkait pembangunan Masjid Agung Solok Selatan sebesar Rp 53 miliar dan Jembatan Ambayan sebesar Rp 14 miliar.

Diketahui, Muzni menjadi tersangka penerima hadiah sebagaimana dimaksudkan dalam Pasal 12 huruf a atau b Pasal 11 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Muzni selaku Bupati Solok Selatan diduga menerima hadiah atau janji dalam bentuk uang atau barang senilai total Rp 460 juta dari pemilik grup Dempo/PT Dempo Bangun Bersama (DBD) Muhammad Yamin Kahar terkait dengan pengadaan barang dan jasa pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pertanahan (PUTRP) Kabupaten Solok Selatan tahun 2018.

(Alred)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *