KPK Periksa Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo Diduga Korupsi APBD.

TULUNGAGUNG, (MIK)- Komisi Pemberantasan Korupsi akan memeriksa tersangka Plt Bupati Kabupaten Tulungagung Maryoto Birowo terkait kasus suap pembahasan, pengesahan, dan pelaksanaan APBD dan APBD Perubahan Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2015-2018. Maryoto akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka eks Ketua DPRD Tulungagung Supriyono.

“Kami periksa Maryoto dalam kapasitas saksi untuk tersangka SPR (Supriyono),” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dikonfirmasi, Selasa (11/2/2020).

Dalam konstruksi perkara kasus tersebut, Supriyono diduga menerima Rp 4,88 miliar terkait proses pembahasan, pengesahan, dan pelaksanaan APBD dan/atau APBD Perubahan Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2015-2018. Uang tersebut diduga berasal dari Bupati Tulungagung 2013-2018 Syahri Mulyo dan kawan-kawan sebagai syarat pengesahan APBD dan/atau APBD Perubahan. Dalam perkara sebelumnya, Syahri Mulyo terbukti menerima suap dari sejumlah pengusaha di Tulungagung.

Dalam persidangan Syahri Mulyo, terungkap adanya uang yang diberikan kepada Ketua DPRD untuk biaya unduh anggaran bantuan provinsi dan praktik uang mahar untuk mendapatkan anggaran baik Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), maupun bantuan provinsi yang dikumpulkan dari uang “fee” para kontraktor untuk diberikan kepada Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung.

(rma)

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *