Dugaan Korupsi Bertahun-Tahun BPI KPNPA RI Dorong BPKP Sumsel Audit Investigatif BUMD Kota Palembang SP2J

NASIONAL27 Dilihat

PALEMBANG, MIK – Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran (BPI KPNPA RI ) DPD Palembang mendorong BPKP Sumsel untuk melakukan audit investigatif terhadap BUMD Kota Palembang, SP2J.

 

Pasalnya, ada dugaan praktik korupsi di tubuh BUMD Kota Palembang, SP2J yang telah berlangsung bertahun-tahun.

 

Bahkan, jika pihaknya siap melakukan audit terhadap BUMD Kota Palembang, SP2J jika BPKP tak sanggup untuk mengauditnya.

 

Perkara dugaan korupsi pada BUMD Kota Palembang, SP2J kata BPI KPNPA RI akan menguap bila BPKP dalam mengaudit SP2J tidak berdasarkan kondisi carut marut keuangan SP2J.

 

 

“Banyak hal yang harus diungkap oleh auditor BPKP Perwakilan Sumsel terkait dugaan mega korupsi di BUMD Kota Palembang, SP2J yang diduga telah berlangsung bertahun – tahun”, kata Ketua BPI KPNPA RI Palembang, Feri Yandi, Minggu, 28 November 2021.

 

“Coba audit Trans Musi berapa banyak bus yang operasional dan berapa yang disubsidi, serta pembelian sparepart dimana. Kalau BPKP Sumsel tak sanggup mengaudit, kami dari siap mengaudit BTR Trans Musi dan mengungkap berapa dugaan kerugian negara dan itu sangat mudah ibarat membalik telapak tangan”, sambungnya.

 

Seperti kata Fery, berapa cash flow PLTG, Jargas dan BTR Musi dan bagaimana aliran kas dan setara kas tiga unit usaha itu bisa dilihat dari rekening SP2J. Kemudian baru diungkap ke Publik dalam rangka transparansi keuangan negara.

SP2J lanjut Fery, harus diungkap melalui jalur hukum agar jelas kemana uang negara tersebut digunakan.

Fery berharap tidak ada yang bermain api karena uang tersebut adalah uang rakyat Kota Palembang. Siapapun yang terlibat harus diungkap tak peduli dekat dengan siapa.

“Sudah ratusan miliar dan mungkin mendekati setengah triliun selama 4 tahun berlalu termasuk duit Subsidi BTR MUSI dan penerimaan pembayaran PLN serta jual gas kota, namun masyarakat tidak pernah tahu kondisi sebenarnya perusahaan ini”, imbuh Feri.

 

“Saya yakin Wali Kota tidak tahu hal ini dan kami berharap mendukung upaya mengungkap dugaan korupsi SP2J”, katanya.

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *