Tiga Pegawai Bank Sumsel Babel Tersangka Korupsi Rp 1,2 M

NASIONAL238 Dilihat

Palembang – Tiga pegawai Bank Sumsel Babel di Organ Komering Ulu (OKU) Selatan jadi tersangka korupsi Rp 1,2 miliar. Ketiganya pun langsung ditahan usai dinilai telah melakukan tindakan penyalahgunaan wewenang.

“Iya, ketiganya sudah jadi tersangka. Langsung ditahan,” kata Kasi Penkum Kejati Sumsel Mohd Radyan dikonfirmasi, Jumat (6/1/2022).

Adapun identitas ketiga tersangka yakni, MI selaku teller , DG selaku customer service dan RSP selaku satpam di Bank BUMD tersebut.

“Mereka bertiga itu teller, customer service dan satpam di sana,” katanya.

Dijelaskan Radyan, mereka ditahan pada Senin (5/1) kemarin karena terjerat kasus terkait dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan wewenang, dengan cara merekayasa slip penarikan dan memalsukan tanda tangan nasabah.

Selain itu, katanya, mereka juga diduga telah memalsukan penginputan data di mesin ATM di tahun 2022, lalu di Bank Plat Merah di Muaradua Ogan OKU Selatan tersebut.

“Yang mana atas kejadian itu korban mengalami kerugian mencapai Rp 1,2 miliar,” katanya.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan Kejari OKU Selatan kemarin, lanjutnya, ketiganya resmi dilakukan penahanan. Ketiganya, katanya, dijerat Pasal yang mengatur tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Bahwa tersangka diduga melakukan Tindak Pidana Korupsi melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 UU No.31 Tahun 1999 Sebagaimana Telah Diubah dan ditambah dengan UU No.20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke -1 KUHP, atau Pasal 3 Jo Pasal 18 UU No.31 Tahun 1999 Sebagaimana Telah Diubah dan ditambah dengan UU No.20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke -1 KUHP, yang menimbulkan Kerugian kurang lebih sebesar Rp. 1.211.900.000,00,” jelasnya. (Net)

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *