Pemprov Sumsel Masifkan GSMP dari Desa Demi Pertajam Penurunan Stunting

palembang159 Dilihat

Palembang – Untuk sinkronisasi program dalam mencapai visi dan misi Sumsel Maju untuk Semua. Pemprov Sumsel mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Desa (PMD) yang dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Ir. S.A Supriono yang dipusatkan di Hotel Swarna Dwipa, Senin (22/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut Sekda Supriono mengharapkan Dinas PMD Kabupaten/Kota dapat meningkatkan sinergitas dalam menjalankan program kerja daerah sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

“Sinkronisasi antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota bersama para aparat desa kita harapkan dapat direaliasikan di lapangan,” kata Supriono.

Supriono mengatakan, belum mantapnya penyelenggaraan otonomi desa membuat rendahnya pemahaman tentang jati diri desa yang bersumber dari keaslian asal-usul desa dan adat istiadat setempat untuk, mewujudkan penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan antara desa dengan kabupaten.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut PMD diharapkannya terus melakukan program pemberdayaan masyarakat di desa-desa.

“Permasalahan  yang dihadapi dalam urusan pemberdayaan masyarakat dan desa cukup banyak dan sering menjadi penghambat untuk desa maju, untuk itu saya minta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa terus melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di desa-desa,” imbuhnya.

Di samping itu juga, dia meminta Dinas PMD Provinsi Sumsel untuk konsen dalam menurunkan  stunting melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

“Upaya penurunan stunting di desa terus kita tingkatkan dan tetap menjadi fokus kita, ada GSMP program Pak Gubernur yang mengajak masyarakat produktif. Terjadinya stunting ini salah satunya adalah kekurangan gizi karena itu GSMP sebagai salah satu solusi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Sumsel H Muhammad Senen menyebut, rapat teknis tersebut  bertujuan untuk meningkatkan peran desa bersinergi mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua.

“Hari ini kita akan merumuskan solusi pemecahan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan Program Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” katanya.

Kegiatan tersebut lanjut dia, untuk mencapai sasaran yakni memiliki  kesamaan pemahaman antara provinsi dan kabupaten/kota dalam upaya mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua.

“Kegiatan hari ini kita mengambil beberapa sasaran, seperti terciptanya komunikasi dan koordinasi yang intensif dalam penentuan atau pemilihan lokasi antara provinsi atau kabupaten/kota pada desa untuk mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua,” pungkasnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *