KPK Ungkap Asal Usul Harta Fantastis Kadinkes Lampung ?

NASIONAL346 Dilihat

Jakarta,Mik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan asal usul harta Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung Reihana. KPK menyebut, Reihana memiliki harta fantastis berkat warisan sang suami.

“Dia (Reihana) dapat harta banyak, satu dari warisan suaminya. Dulu suaminya itu dokter spesialis top, dan dia dapat pemberian kendaraan untuk suaminya dari rumah sakit,” ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Pahala tak menampik pada awalnya tim Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK mencurigai harta Reihana. Atas kecurigaan itu, tim LHKPN sempat memeriksa Reihana dua kali di gedung KPK.

Namun, kata Pahala dalam proses klarifikasi Reihana memberikan bukti yang menjelaskan aset tersebut berasal dari suaminya yang telah meninggal.

“Ada uang tunai Rp4 miliar dia setor dari peninggalan suaminya. Ada rumah di Jakarta dan segala macam, dan mobil di dalam ternyata warisan suaminya juga. Kalau kita lihat cash-nya banyak dia memang pernah di posisi Pelaksana Tugas Dirut Rumah Sakit di Lampung (RS Abdul Moeloek). Honornya juga gila, Rp100 juta perbulan. Masuk di akal dia punya harta Rp2 miliar setahun,” kata Pahala.

Pahala menyebut, tim LHKPN KPK juga telah mendalami kepemilikan sejumlah rekening Reihana, namun tidak menemukan kejanggalan.

“Kita sudah cari enggak ada apa-apa,” pungkasnya.

Diberitakan, tim Kedeputian Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah memeriksa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana. LHKPN Reihana disorot setelah video gaya hidup mewah dirinya viral di media sosial.

“Sedang kita review LHKPN-nya,” ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan saat dikonfirmasi, Rabu 19 April 2023.

Pahala mengatakan, tim LHKPN KPK membuka peluang mengundang Reihana untuk diklarifikasi jika ditemukan kejanggalan dalam laporan harta kekayannya. Untuk saat ini, kata Pahala pihaknya masih meninjau dan menganalisa LHKPN milik Reihana.

“Iya bakal diklarifikasi tergantung analisa awal, ya,” kata Pahala.

Sekedar informasi, nama Reihana disorot berbagai pihak setelah video Tiktoker Bima Yudho Saputro yang berisi kritikan terhadap jajaran di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung viral di sosial media. Reihana disebut-sebut merupakan Kadinkes terlama di Lampung, yang menjabat selama 14 tahun.

Sejumlah pihak kemudian memviralkan gaya hidup mewah alias flexing Reihana di sosial media. Salah satunya pemilik akun Twitter @PartaiSocmed yang mengunggah beberapa foto tas mewah hingga baju bermerek yang dikenakan Reihana.

“Kembali ke Lampung. Pejabat silih berganti, ada yg pensiun ada yg ketangkep KPK, tapi Reihana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tetap bertahan hampir 14 tahun tak tergantikan,” demikian dikutip dari akun Twitter @PartaiSocmed, Rabu 19 April 2-23.

“Mana harga second tas Hermes Birkin-nya saja hampir 200 juta, belum baju LV-nya!,” sambungnya.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran dari laman elhkpn.kpk.go.id, Reihana tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp2.715.000.000 atau Rp2,7 miliar. Harta Reihana tersebut meliputi tiga bidang tanah yang tersebar di Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan senilai Rp1,9 miliar.

Kemudian, Reihana juga tercatat memiliki tiga unit mobil merek Nissan Elgrand tahun 2007, Toyota Minibus tahun 2010, serta Mercedes Benz V230 tahun 2002 senilai Rp450 juta. Reihana juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp6,7 juta serta kas dan setara kas Rp300 juta. (Net)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *