Pj Walikota Paparkan Program Unggulan Transportasi Perkotaan Palembang

palembang147 Dilihat

Jakarta – Berbagai program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengenai transportasi dan perkotaan dipaparkan langsung oleh Pj Walikota Dr. A. Damenta, Mag.rer.publ, CGCAE dihadapan Tim penilai yang terdiri dari unsur kementerian, kepolisian, akademisi dan pengamat transportasi, Senin (24/6/2024).

Paparan dan penilaian penyelenggaraan transportasi Ini merupakan kegiatan yang digelar oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dalam rangka tahapan kegiatan Pemberian Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN), berlangsung di Hotel Grand Mercure, Kemayoran Jakarta.

Banyak hal yang dipaparkan oleh Pj Walikota Palembang mulai dari kondisi jalan yang dinilai, lalu angkutan umum yang ada di Kota Palembang hingga inovasi dan program unggulan.

Diketahui angkutan umum yang beroperasi di Kota Palembang yakni LRT, BTS Teman Bus, angkutan feeder LRT dan angkot.

Lalu ada taksi, AKAP, AKDP, kereta api hingga angkutan sungai. Begitu juga dengan fasilitas pelengkap transportasi tersebut.

Dalam kesempatan ini, Pj Walikota A Damenta menyampaikan, Inovasi dan program unggulan Pemkot palembang dibidang transportasi diantaranya pengoperasian angkot feeder LRT melalui APBD TA 2023 sebesar 15 M.

“Melakukan uji emisi kendaraan bermotor, penggunaan teknologi area traffic control system (ATCS) di sektor Dinas Perhubungan Palembang dalam rangka pengaturan lalu- lintas di setiap persimpangan lalu-lintas Kota Palembang,” ujarnya.

Kemudian melakukan penempatan personil di ruas jalan bersama Satlantas Polrestabes Palembang, lalu melaksanakan rapat forum lalu- lintas minimal satu bulan sekali membahas permasalahan lalu lintas.

Pengawasan penindakan lalu lintas dan parkir dan melakukan sosialisasi keselamatan kesadaran tertib lalu lintas.

Pj Walikota A Damenta mengungkapkan bahwa Pemkot Palembang bersama stakeholder terkait khususnya muspida sangat berkomitmen untuk memberikan pelayanan transportasi bagi masyarakat kota palembang agar terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas.

“Pemkot Palembang bersama pimpinan DPRD sangat berkomitmen dalam penyediaan anggaran khusus untuk sektor transportasi agar pelayanan

transportasi umum di kota palembang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat,” ucapnya.

Ia pun menegaskan bahwa dinas perhubungan Kota Palembang sangat mendukung program Kemenhub RI khususnya dalam lomba WTN. “Ini agar seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia dapat terpacu dan berbenah untuk mencapai transportasi yang terintegras, dan berkelanjutan di seluruh indonesia,” tutupnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *