Kejari Jaktim Musnahkan Barang Bukti dari 399 Perkara, Mulai Narkotika hingga Senjata Tajam

Jakarta, Mediainfokorupsi. com – Pada hari Rabu Tanggal 3 Juli 2024 pukul 09.00 Wib yang dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Imran. SH. MH, serta dihadiri dan disaksikan oleh Asisten Tindak pidana umum yang di wakili oleh kasi Narkotika Setyo Adi Wicaksono.SH.MH, wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainnah.S.Sos,Msi., Komandan Kodim 0505/ yang diwakili Danramil, Sianturi, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur, yang diwakili Hakim M Taufik, Kepala BNN RI, yang diwakili Kepala BNN Kota Jaktim,M Ridwan. Ch,Kasudin Kesehatan Jaktim, Dr. Inu Hanmurti, dan Tokoh masyarakat lingkungan Kelurahan Cipinang Besar Utara, yang diwakili, Agung Budi S, BPOM, Balai PJM Jakarta fungsional ahli madya, Ganda M, serta unsur FORKOPIMKO dan perwakilan tokoh masyakarakat.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta timur memusnahkan ratusan barang bukti hasil sitaan terdiri dari 399 Perkara selama periode Juli 2023 s/d Juli 2024.

Pelaksanaan Pemusnahan tersebut dilakukan di halaman parkir kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, pada Rabu (03 Juli 2024).

Kajari  Imran.SH.MH, menyebut berdasarkan keputusan Hakim Pengadilan Negeri jakarta Timur atau sudah berkekuatan hukum tetap (inkhracht van gewijsde).

Diantaranya Perkara Tindak Pidana Narkotika dan zat adiktif lainya  terdiri dari 140 (Seratus enam puluh  ) perkara yaitu memusnahkan barang bukti berupa ganja dan tembakau sintetis seberat 12,8 kilogram, sabu-sabu seberat 0,78 kilogram,ekstasi 243 (Dua ratus lima puluh enam) butir , dan berbagai macam alat hisap narkotika seperti bong,pipet, korek api gas, dan lain-lain, serta alat elektronik yaitu handphone dan timbangan digital, yang cara pemusnahannya adalah dibakar, digilas sampai dengan hancur dengan mobil wales gilas dan dilarutkan kedalam air sehingga tidak dapat dipergunakan atau dimanfaatkan kembali.

Dan Perkara Tindak Pidana Terorisme yang terdiri dari 245 (Dua Ratus Empat Puluh Lima) perkara yaitu memusnahkan barang bukti berupa pakaian, atribut terorisme, elektronik, buku-buku dan lain-lain.

Perkara Tindak Pidana Umum Lainya yaitu UU Kesehatan tanpa izin edar terdiri dari 14 (empat belas) perkara berupa +-141.174 butir barang bukti obat-obat berbagai merk tanpa izin edar serta barang bukti perkara PIDUM lainnya berupa pakaian, tas, elektronik, senjata tajam dan lain-lain.

Dalam pelaksanaan pemusnahan turut hadir Kasi Pidum Yanuar Adi Nugroho. SH.MH, Kasi Pidsus Adhysatria Sitompul. SH. MH, Kasi Intel Yogi Sudharsono. SH. MH. Kasi Cakra. SH. MH, Kasugbin Mahpudin Carkra. SH. MH dan seluruh staf TU kejaksaan negeri Jakarta Timur.

Kami juga mewawancarai Kasi PB3R Kejari Jakarta timur Fitri EKa Mardiana.SH.MH mengatakan pemusnahan barang bukti merupakan kegiatan rutin yang dilakukan. Menurutnya, hal itu agar barang bukti yang diamankan tidak disalahgunakan ungkap Fitri.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *