Apresiasi Pengungkapan Kasus PTSL 2019, BPI Minta Kejari Ungkap Aktor Penerima Suap dan Mafia Tanah di Palembang

NASIONAL63 Dilihat

Palembang, Mik – Tim Tangkap Buron (Tabur) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan (Sumsel) yang dipimpin Hafis Muhardi selaku ketua Tim Tabur Kejati Sumsel beserta Tim Intelijen Kejari Palembang berhasil mengamankan DPO tersangka Asna Ifah di daerah Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Selasa (9/7/2024).

Tersangka Asna Ifah merupakan pemberi suap dalam Perkara dugaan tindak pidana korupsi pemberian suap dalam penerbitan sertifikat Hak Milik melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palembang Tahun 2019.

Informasi yang di sampaikan Kasi Penkum Kejati Sumsel Vanny Yulia Eka Sari, Asna Ifah ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan surat penetapan Nomor: B-I/L.6.10/Fd.2/01/2024 tanggal 23 Januari 2024.

“Tersangka Asna Ifah telah dilakukan pemanggilan sebagai tersangka secara patut namun tidak hadir tanpa keterangan, sehingga ditetapkan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) pada tanggal 28 Februari 2024,” katanya.

Masih dikatakan Vanny bahwa selama dalam proses pencarian DPO tersebut, posisi tersangka berpindah-pindah dan selanjutnya berhasil diamankan pada hari ini Selasa Tanggal 09 Juli 2024 oleh Tim Tabur Kejati Sumsel beserta Tim Intelijen Kejari Palembang.

“Tersangka Asna Ifah kemudian langsung dibawa ke kantor Kejati Sumsel dan kemudian akan diserahkan ke Kejari Palembang untuk dilakukan proses Hukum selanjutnya,” tutupnya.

Terpisah, Ketua Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) DPW Sumsel, Feri Yandi meminta Kejari Palembang mengusut penerima suap pada kasus tersebut.

“Kami juga meminta aktor dibalik kasus ini, siapa yang menerima suap dan siapa mafia tanah di Kota Palembang itu harus diungkap semua,” harap Feri.

Diketahui, belum lama ini BPI KPNPA RI juga telah melalukan aksi demonstrasi di Kejari Palembang sebagai bentuk dukungan kepada APH dalam mengkungkap mafia tanah di Kota Palembang.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *